Sejarah Blog Alabaster6

Seingatku, weblog ini terbentuk pada Januari 2008 lalu. Sekitar 4 tahun yang lalu.

Suatu pagi yang cerah, aku tanpa sengaja menangkap seonggok koran tua (setengah tua , lebih tepatnya) yang bermerk –PIP-PIP-PIP-. Nah, di rubric OPINI, ada yang menulis tetang kepopuleran weblog, kepanjangannya website log. Atau biasa disebut blog. Aku membacanya dan mulai tertarik. Oh,,, blog?? Apakah itu?? Ternyata dengan blog -diatakan di artikel itu – ktia bisa punya website sendiri, bisa mengisinya dengan apa yang kita mau. Bisa nulis curhatan, cerpen, atau ilmu pengetahuan juga. Sealin itu, tentu bisa buat dakwah.

Aku pun muai tertarik. Dari artikel itu pula aku tau bahwa untuk membuatnya, kita hanya perlu sign up di web-web penyedia layanan blog gratis. Seperti www.wordpress.com, www.blogspot.com, www.blogger.com , www.blog.com , www.friendster.com , de el el.

Akhirnya, aku melaksanaakn niatku untuk membuat sebuah blog. Entah mengapa aku memiliih wordpress.com sebagai uji coba pertamaku.  Aku pun sign up di sana. Tinggal mengisi form, kayak waktu bikin email atau jejaring sosial gitu. Pokoknya gampang deh asal email nya valid. Soalnya, ngaktifinnya lewat email juga.

Pada waktu itu, aku lagi seneng-seneng nya sama novel terbitan GIP yang judulnya Alabaster. Ceritanya seru banget, tentang petualangan seorang Fandi di Ostrali. Dan berahsil mengislamkan keluarga yang ditumpanginya, juga berhasil mengalahkan hatinya yang sempat tertarik pada gadis nasrani.

Saat aku cari artinya di kamus nya Hasan Sadily, alabaster itu artinya batu pualam yang berwarna putih, keren, ya??? Nah, saat itu aku masih kelas 1 SMA, nomor presensiku di kelas itu nomor enam, aku pun menamakan diri alabaster6…

Dalam mengembangkan blogku kebanyakan otodidak. Aku dulu nggak bisa cara nampilin gambar di tulisanku. Juga ga tau gimana caranya nambah content-content di sidebar. Aku pun menyempatkan diri menjelajahi blogku. Semua diliat dan asal diklik-klik. Akhirnya aku pun tau cara ngganti theme, cara nambah gambar di tulisan, n nambah content-content di sidebar. Untuk ganti tampilan, ternyata tinggal klik tampilan. Untuk nambah gambar ternyata upload gambar di pustaka media, trus sisipkan gambar  waktu nulis. Untuk nambah content, kita harus nambah di widget. Juga harus tau web-web yang nyediain content blog. Seperti www.oggix.com , www.tickerfactory.com , www.hitstat.com , www.free-blog-content.com , www.al-habib-tripod.com , . kita juga harus rajin mempelajari blog-blog orang laen. Begitu ada content yang menarik, tinggal klik kanan, view page source. Codenya dikopi atau liat penyedia content nya aja.

Status facebook kita pun bisa tampil di blog lho…

Pokoknya, ngeblog itu seru!

9 responses to “Sejarah Blog Alabaster6

  1. Hoalah hampir sama dek, dulu mbak awal-awal bikin blog juga masih ga ngedong caranya, hehe, Makanya njuk utak atik sendiri🙂
    Selamat ya akhirnya jadi akhwat blogger juga😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s