Sabar yah? Shalat yang rajin…

Surah Al-Baqarah ayat 46.

Assalamualaikum temen-temen… ^ ^

Di bawah ini ada tafsir surat Al Baqarah, DIBACA YAH…???

الْخَاشِعِينَ عَلَىإِلا لَكَبِيرَةٌ وَإِنَّهَا وَالصَّلاةِ بِالصَّبْرِ وَاسْتَعِينُوا

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS Al Baqarah: 46)

Melalui firman-Nya ini, Allah menyuruh para hamba-Nya untuk meraih kebahagiaan dunia akhirat yang mereka dambakan, dengan cara menjadikan kesaabaran dan shalat sebagai penolong.

Sebagaimana yang dikatakan Muqatil bin Hayyan dalam tafsirnya mengenai hal ini: “Hendaklah kalian mengejar kehidupan akhirat dengan cara menjadikan kesabaran dalam mengerjakan berbagai kewajiban dan shalat sebagai penolong.

Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan sabar pada ayat tersebut adalah menahan diri dari perbuatan maksiat, karena disebut bersamaan dengan pelaksanaan beerbagai macam ibadah dan yang paling utana adalah shalat.

Dari Umar bin Khaththab, ia berkata: “Sabar itu ada dua: sabar ketika mendapat musibah itu baik, dan lebih baik lagi adalah bersabar dalam menahan diri dari mengerjakan apa yang diharamkan Allah.”

Firman Allah yang berarti “Beban yang sangat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’”, mujahid mengatakan yaitu orang-orang mukmin yang sebenarnya. Sedangkan Adh-Dhahhak mengatakan, “Berarti bahwa hal itu sangat berat kecuali bagi orang-orang yang tunduk dalam ketaatan kepada-Nya, yang takut akan kekuasaan-Nya, serta yang yakin dengan janji dan ancaman-Nya.”

(Tafsir Ibnu Katsir)

Nah, teman-teman, sudahkah shalat kita lengkap? Nggak bolong-bolong? Sudahkah kita bersabar menghadapi musibah maupun menahan diri untuk melakukan apa yang dilarang oleh Allah? Misalnya, bersabar untuk nggak ngepek (bikin kebetan, nyontek) waktu ulangan. Bersabar untuk nggak ngomongin orang. Bersabar untuk nggak bohong. Bersabar untuk nggak pacaran? Bersabar untuk nggak bentak-bentak ortu? De el el. Introspeksi deh.…^ ^

11 responses to “Sabar yah? Shalat yang rajin…

  1. semua kesalahan yang bersifat manusiawi bgd itu kn pada realitanya deket bgd dgn khidupan sehari-hari kiita,,,gimana cara ngindarinnya????

  2. Hm, hani, sbnrnya mudah. Tentang kslhn yg sdh umum dlakukn org, Tanamkan pada dirimu bhwa hal itu ADALAH SEBUAH KESALAHAN. Apakah qta mw setan mnertawakn qta krn qta kud mlakukn kslhn tu? Apakah qta tdk tkut dg dahsyatny siksaan ALLAH? Bkn orla yg kn mmprtnggungjwbkn skcil apapun prbwtn qta. Tak laen adlh DIRI KITA yg kn dtanyai d akherat klak.. Okey?

  3. Hm, hani, sbnrnya mudah. Tentang kslhn yg sdh umum dlakukn org, Tanamkan pada dirimu bhwa hal itu ADALAH SEBUAH KESALAHAN. Apakah qta mw setan mnertawakn qta krn qta kud mlakukn kslhn tu? Apakah qta tdk tkut dg dahsyatny siksaan ALLAH? Bkn orla yg kn mmprtnggungjwbkn skcil apapun prbwtn qta. Tak laen adlh DIRI KITA yg kn dtanyai d akherat klak.. Okey?!

  4. Hm, hani, sbnrnya mudah. Tentang kslhn yg sdh umum dlakukn org, Tanamkan pada dirimu bhwa hal itu ADALAH SEBUAH KESALAHAN. Apakah qta mw setan mnertawakn qta krn qta kud mlakukn kslhn tu? Apakah qta tdk tkut dg dahsyatny siksaan ALLAH? Bkn orla yg kn mmprtnggungjwbkn skcil apapun prbwtn qta. Tak laen adlh DIRI KITA yg kn dtanyai d akherat klak.. Okey?!:-)

  5. it sounds easy,, but for me,,, it’s too hard, but I’ll try it ,, cz I still believe, whre there is a will, there is away … may Allah bless me and gives me d’right way .
    thx .

    • alhamdulillaah.. terimakasih bu.. semoga bermanfaat artikel2nya..🙂

      maaf , kaligrafinya animasi, bu. jadi ndak bisa di tag

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s