Category: Pendidikan

Tips Cara Mengajar Ngaji Iqro Jilid 2

Tips Cara Mengajar Ngaji Iqro Jilid 2

Saat si kecil sudah hafal huruf-huruf hijaiyah, mungkin dengan sering menyetel video hijaiyah, atau sering bermain kartu hijaiyah seperti abaca, atau apapun, apa yang selanjutnya perlu kita lakukan? Mengingat mungkin si kecil masih batita atau balita. Kalau anda sudah mengenalkannya pada iqro jilid dua, dan ternyata susah baginya untuk konsentrasi pada kegiatan MEMBACA yang berarti … Continue reading Tips Cara Mengajar Ngaji Iqro Jilid 2

Advertisements
EduGame: Catch your Letter, Belajar Huruf Hijaiyah

EduGame: Catch your Letter, Belajar Huruf Hijaiyah

Game 'Catch your letter' ini adalah game menangkap huruf hijaiyah. Dengan game ini, diharapkan para ibunda dapat membantu anak belajar huruf. Versi pertama ini tidak ada sound nya. Jadi, sang ibu harus aktif ikut main game sambil menyuarakan huruf-hurufnya, hehe.. Biar anak seneng deh mainnya didampingin sang ibu, hohoho.. Sebenernya ngeles aja nih, malu kalo … Continue reading EduGame: Catch your Letter, Belajar Huruf Hijaiyah

Tips Menghafalkan Al-Quran

Tips Menghafalkan Al-Quran

Setelah membaca artikel ini http://fayruzrahma.wordpress.com/2012/04/01/cara-cepat-hafal-al-quran-metode-husen/ maka aku nggambar stepping stone surat an naba, an naziat, dan al muthoffifin. Semoga membantu, ya? 🙂 Silahkan klik untuk memperbesar gambar 😀 Jadi intinya, Pelajari terjemahan surah dan cocokkan dengan stepping stone. Buka Al-Qur'an dan lihat penulisan yang benar, juga tajwidnya. Dengarkan murottal surah tersebut sesering mungkin, di mana … Continue reading Tips Menghafalkan Al-Quran

Tahu, Nggak? Huruf Ta’ Keluar Nafas Lho.. Huruf Jim Malah Enggak! (Belajar Makhraj)

Tahu, Nggak? Huruf Ta’ Keluar Nafas Lho.. Huruf Jim Malah Enggak! (Belajar Makhraj)

Mari belajar makhraj dan sifat huruf, teman-teman. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi adalah pada huruf-huruf berikut. Bagaimana sebenarnya sifat huruf ini?  ت ta'. Huruf ini bersifat hams, karena itu, nafas/udara keluar saat  menyebut hurufnya. ﺝ jim. Huruf ini bersifat jahr, karena itu, nafas/udara tertahan/tidak keluar. ذ dza. Huruf ini bersifat jahr, karena itu, nafas/udara tertahan/tidak keluar … Continue reading Tahu, Nggak? Huruf Ta’ Keluar Nafas Lho.. Huruf Jim Malah Enggak! (Belajar Makhraj)

Tips Cara Mengajar Privat Ngaji dan Iqra serta Mendorong untuk Solat Lima Waktu

Tips Cara Mengajar Privat Ngaji dan Iqra serta Mendorong untuk Solat Lima Waktu

Di negeri orang (Thailand) yang muslimnya minoritas ini, saya dikenalkan pada seorang ibu dari Jogja. Beliau meminta saya mendampingi dan membimbing dua anaknya yang masih kecil belajar membaca Al-Qur'an dan Iqra. Pertama, kukira itu hal yang biasa saja. Makin ke sini kok saya semakin merasa bahwa ekspekstasi ibu itu besar sekali terhadap saya. Dia banyak … Continue reading Tips Cara Mengajar Privat Ngaji dan Iqra serta Mendorong untuk Solat Lima Waktu

Tips menghadapi UTS TSTS (Ujian Tengah Semester Tidak Serius Terlalu Santai)

Apa sih yang terpenting dari sebuah Ujian? Ikhtiar dan tawakkal. Ada tipe anak-anak yang moody banget kalo mau belajar. Nah, problem bakal muncul kalo pas udah mau ujian, mood nya lagi nggak bagus buat belajar. Alias males. Solusinya: ya udah, pasrah aja. Paling-paling ntar ngulang atau gak lulus. Gampang, kan? Atau gak usah ikut ujian … Continue reading Tips menghadapi UTS TSTS (Ujian Tengah Semester Tidak Serius Terlalu Santai)