Tutorial Membuat Tas

Senengnya punya tas bikinan sendiri. Alhamdulillaah..

Ini adalah kali pertama saya membuat tas yang serius. Sebelumnya sih, udah pernah bikin tapi pakai kain aja tanpa pelapis penebal. Jadi lemes banget tasnya, gak kaku. Oh, iya, satu lagi, pernah bikin tas dari kaos yang udah gak dipakai juga, sih. Tapi hasilnya kurang bagus juga. Jadi, baru pertama bikin yang serius udah berani nulis tutorial?! Biarin, deh.. buat beginner yang pengen belajar lumayan juga kok. Lumayan menyesatkan, nyahahaha… :p

Di sini, saya pake kain biasa dan kain viselin biar agak kaku tasnya. Apa tuh kain viselin? Namanya cantik benerrrr… Iya, dia cantik dan putih. Istilahnya one interface adhesive batting kali ya? Jadi, satu sisi kain viselin ini ada noda blink-blink (itulah lemnya). Dia akan merekat ketika diseterika panas ke kain. Jadi gak perlu mikir kainnya geser-geser pas njait. Hehe.. Halah, dikasih jarum pentul juga gak geser-geser. Hooo. Belinya di mana, tuh kain? Saya dapet info dari temen-temen mbak-mbak bahwa kalau di Jogja beli di toko alat jahit di Jalan Diponegoro sana. Ketemu, deh.

Berikut ini langkah-langkahnya. Komen aja kalau ada yang kurang jelas. Kayaknya memang gak jelas semua, yak

gunting kain sesuai pola yang sudah kamu bikin.

gunting kain sesuai pola yang sudah kamu bikin. yang tubuh utama itu 2 lembar. yang kotak samping 4 lembar.

gunting kain viselin sesuai pola.

gunting kain viselin sesuai pola.

tempelkan viselin ke kain dengan cara menyeterikanya panas-panas sambil ditekan-tekan. begitu pula dengan kain utama.

tempelkan viselin ke kain dengan cara menyeterikanya panas-panas sambil ditekan-tekan. begitu pula dengan kain utama.

buatlah tali tas dengan cara memotong kain panjang, melipatnya memanjang, menjahit pinggirannya, lalu membaliknya agar jahitan tidak kelihatan..

buatlah tali tas dengan cara memotong kain panjang, melipatnya memanjang, menjahit pinggirannya, lalu membaliknya agar jahitan tidak kelihatan..

 

begini, nih,njait pinggiran talinya.

begini, nih,njait pinggiran talinya.

setelah kain viselin dilekatkan ke kain utama, tumpukkan kain utama satunya di atas viselin tersebut. amankan dengan jarum pentul. jahit pinggirnya biar kain viselin merekat mantap ke kedua lembar kain utama yang digabungkan tersebut. begitu pula dengan kain kotak samping.

setelah kain viselin dilekatkan ke kain utama, tumpukkan kain utama satunya di atas viselin tersebut. amankan dengan jarum pentul. jahit pinggirnya biar kain viselin merekat mantap ke kedua lembar kain utama yang digabungkan tersebut. begitu pula dengan kain kotak samping.

jahit rapi tepi atas dan bawah kain utama yg nantinya jadi bagiann atas tas

jahit rapi tepi atas dan bawah kain utama yg nantinya jadi bagiann atas tas

potong satu lembar kain panjang. lalu jahit rapi kedua tepi memanjang kain tersebut. buat simpul tali dua kali. simpul ini nanti untuk tempat memasang bunga. pasang kain ini ke kain utama (ke bagian yang nantinya akan menjadi bagian luar tas.

potong satu lembar kain panjang. lalu jahit rapi kedua tepi memanjang kain tersebut. buat simpul tali dua kali. simpul ini nanti untuk tempat memasang bunga. pasang kain ini ke kain utama (ke bagian yang nantinya akan menjadi bagian luar tas.

tempel bungannya

pasang bungannya ke simpul.

jahit tali ke bagian yang nantinya menjadi bagian luar tas.

jahit tali ke bagian yang nantinya menjadi bagian luar tas.

jahit kedua kain kotak ke kain utama membentuk tas.

jahit kedua kain kotak ke kain utama membentuk tas.

obraskan pinggirannya (tempat jahitan bersatu) agar lebih rapi. lalu baliklah tas tersebut. jadii, deh.

obraskan pinggirannya, samping kanan dan kiri tas (tempat jahitan bersatu) agar lebih rapi. lalu baliklah tas tersebut. jadii, deh.

5 responses to “Tutorial Membuat Tas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s