Resep Apple Pie

Dulu, aku beli apel sekitar 7 biji (satu bungkus), warnanya hijau menarik gitu deh.. Ternyata, oh ternyata, rasanya aseeeeeeeeeem banget..😦 Jadi, aku sama zauji (cieeh, pake bahasa arab nih, artinya suamiku😀 ) berusaha menghabiskan apel banyak itu hari demi hari sambil menahan asemnya. Alhamdulillah abis juga. Waktu itu mikir, gak lagi-lagi deh beli apel ijo-ijo beginian. Iiih..

Waktu menjelajahi webnya NCC, aku ketemu sama resep apple pie. Pengen, deh. Liat bahannya, ada apel granny smith, hah, apel apaan tuh? (ndeso). Gugling, deh. Hasilnyaaaaaaaa, tadaaaaaa, granny smith itu apelnya ijoooo-ijoooo mirip banget sama apel kecuuut yang kebeli dulu itu. Gugling lagi ‘rasa apel granny smith’ ternyata emang asem. Jadi bener, yang dulu itu granny smith dan kini harus beli apel itu lagi kalo mau bikin apple pie.

Resepnya aku dapat dari NCC,

Tapi, karena aku pengen bikin banyak kecil-kecil (maklum, cetakannya cuma punya yang kecil-kecil), ada beberapa perubahan dari resep NCC itu. Ini dia caraku bikin:

Bahan Crust/wadah pie :
100 gr mentega
50 gr gula tepung
2 btr kuning telur ayam
225 gr tepung terigu, ayak

Bahan isi :
650 g apel granny smith
100 gr gula kastor
3 sdm tepung terigu
1 sdt kayu manis bubuk
¼ sdt galam halus
Mentega/margarine beku potong kotak kecil2

Cara membuat :
Crust :

  • Kocok mentega dengan gula sampai tercampur rata, masukan kuning telur kocok kembali sampai lembut
  • Masukan vanilla aduk rata, masukan secara bertahap terigu kedalam adonan mentega, aduk2 dengan pisau pastry, jangan menggunakan tangan, lakukan sampai terigu habis dan adonan tercampur rata
  • Gilas tipis sebagian adonan, letakan di atas cetakan pie yg telah diolesi mentaga, ratakan dan tekan2 agar melekat pada cetakan, sisihkan. Begitu seterusnya sampai seluruh cetakan kecil-kecil itu terlapisi adonan.

Isi :

  • Kupas apel dan iris tipis2 memanjang, rendam dalam air garam, agar tidak menghitam
    Campur semua bahan kering, kecuali mentega

Penyelesaian :

  • Tiriskan apel, susun di atas adonan pie di dalam cetakan, taburi dengan sebagian campuran gula dan kayumanis sampai tertutup rata
  • Susun kembali apel, dan taburi kembali dengan campuran gula, buat lapisan ini berkali2 hingga memenuhi permukaan cetakan.
  • Gilas kembali sisa adonan hingga tipis, potong2 memanjang, susun dipermukaan pie, hingga menutupi permukaan pie.
  • Ambil cetakan lagi, lakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai seluruh cetakan pie terisi irisan apel.
  • Oven dalam suhu 180C selama 30 menit atau sampai permukaannya menguning..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s