Resep Pepes Ikan Gurih

Huahahaha.. Pepesnya pakai plastik!! Ini akibat dari saking ngebetnya pengen bikin pepes tapi males beli daun di pasar. Jeng-jeng! Gak baik sih, ya, kalau plastik kena panas dengan suhu kukusan gitu. Jangan ditiru, sodara-sodara!!

Pepes ini gurih banget, empuk pula dagingnya, yummy, pedes enak gitu.. Bikin, deh.. disantap anget-anget.. wuih mak nyusss..

Resepnya dari sini nih..

Bahan:
ikan mas utuh (aku pake sembarang ikan, gak tau ikan apa namanya😀 )
cabe merah utuh atau boleh juga diiris serong-serong
daun kemangi
daun bawang diiris-iris
serai dimemarkan
daun salam
tomat diris besar-besar
daun pisang untuk membungkus
bumbu dihaluskan:
cabe merah
kunyit sedikit
bawang merah putih
kemiri
garam

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu, masukkan sedikit air
2. Masukkan ikan, sampai kuah kering, jangan terlalu matang
3. Matikan api, tutup wajan, biarkan sampai bumbu meresap
4. Tata diatas daun ikan dan kawan-kawan penghias tadi, bungkus rapi
5. Kukus 2-3 jam. Lebih sedap bakar sebentar di atas api, caranya kalau ada loyang bekas, letakkan pepes di atas loyang taruh di atas api kompor, sambil dibalik balik

Ingat, bumbunya makin banyak makin enak loh pepesnya. Jadi, selamat menikmati pepes uenyak ini. Oh, iya, aku gak pake dibakar. Mana ada loyang bekas masih disimpen? Mungkin juga sih..😉 Lagian, kalo bungkus pake plastik, dibakar, ntar jadi apa, donk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s