Perbedaan Kantor Pos MPC dan Tidak (Jalan Paket dari Luar Negeri)

Perbedaan Kantor Pos MPC dan Tidak (Jalan Paket dari Luar Negeri)

    • saya Anisah mengirim barang dari Thailand ke Jogja.
      mau tanya, saya me-track paket saya, kan ada tulisan kantor pos ‘MPCYogyakarta 55400′ lalu ke’ Yogyakarta 55000′. perbedaan antara kantor pos MPC dan tidak MPC itu apa?
      erimakasih

  • Pos Indonesia

    8 shots o’ rum ago

    Pos Indonesia

    • MPC Yogyakarta itu kantor pemrosesan, pemeriksaan dan pengantaran kiriman yang masuk untuk wilayah Yogya dan sekitarnya. Sedangkan Kantorpos Yogyakarta adalah kantorpos pelayanan.

      jika sudah keluar dari MPC Yogyakarta berarti kiriman sudah selesai diperiksa dan kiriman sudah bisa diantarkan atau diambil langsung ke kantorpos yogyakarta untuk kiriman yang terkena pajak 🙂

Jadi, jalan paket dari luar negeri adalah sebagai berikut.

– Pertama, Barang dari luar menuju ke salah satu dari Offices of Exchange (OE) berikut.

NO. OE LOCATIONS INERNATIONAL CODE
1 Jakarta Soekarno – Hatta

IDJKTA

2 Batam

IDBTMA

3 Medan

IDMESA

4 Denpasar

IDDPSA

-Lalu, dikirim ke kantorpos MPC (Mailing Process Center) di daerah2, misal MPCSurabaya 60900, MPCYogyakarta 55400 (kantor pos plemburan di Ngaglik), dan sebagainya untuk diperiksa, dan ditentukan pajaknya.

-Setelah selesai, barang dikirim ke kantopos pelayanan, misal Kantorpos besar Yogyakarta 55000

-Bila tidak terkena pajak, barang kemudian dikirim ke alama penerima. Bila erkena pajak, barang bisa diambil sendiri ke kantorpos pelayanan tersebut.

😉

Sumber: http://ems.posindonesia.co.id/

dan pesan facebook dari Pos Indonesia

Related Post: Dapet Kiriman dari Luar Negeri kok Bayar Lagi? (Aturan Bea Cukai)

15 thoughts on “Perbedaan Kantor Pos MPC dan Tidak (Jalan Paket dari Luar Negeri)

  1. Barang d proses d mpc itu berapa lama sih kok kiriman saya udah 10 hari masih d mpc banjarmasin..katanya pos khusus cuman 3 hari nyampek…

    Like

  2. saya dapat paket dari Polandia.. satu bulan setelah pengiriman, paket sampai ke alamat saya (lebih lah sebulan).. tapi isi nya ada yang hilang . emang bea cukai bongkar-bongkar paket saya ? trus ????? dimasukin lagi gak ? tolong penjelasan.

    Like

    1. mohon maaf, tolong langsung menuju akun facebooknya Pos Indonesia, saya pernah bertanya lewat pesan facebook ke akun tersebut dan langsung dijawab dlm waktu kurang dari 2 hari. terimakasih. semoga membantu

      Like

  3. saya dapat kiriman lewat singapore pos tgl 5 agustus sudah berada di mpc surabaya tapi sampai tgl 15 agustus sekarang barang tersebut belum sampai ke alamat/diterima kenapa kok lama sekali padahal barang tsb penting,mohon penjelasan tks.

    Like

  4. bagaimana bisa dapatkn nombor dr kantor Medan? sebabnya barang saya dari Malaysia hantar ke medan masih belum diterima. status nashi airport handing

    Like

Leave a comment