Cara Mudah Membuat Tempe (resep oleh Teh Anti)

Resep ini saya dapat dari Teh Anti. Kami tinggal di Bangkok. Orang Thailand gak ada yang bikin tempe. Makanya, Teh Anti terdorong unutk bikin sendiri. Teh Anti yang mencoba bikin, telah gagal dua kali. Setelah berhasil, saya menjadi langganannya. Haha.. Tapi kini.. hiks hiks,😦 Teh Anti udah mau pulang ke Indonesia bersama tiga anak laki2nya yang lucu-lucu dan suaminya. Makanya, saya mewarisi ilmu membuat tempe darinya. Raginya pun juga dari Teh Anti. Asyik.. alhamdulillah..

Alat dan Bahan:

  • Panci
  • Baskom
  • Plastik
  • Tusuk
  • Ragi tempe (dikiiiiiiiiit banget!! kira-kira sepersepuluh jari kelingking!)
  • Kedelai split soybean 1/2 kg

Cara Membuat

  • Kedelai dicuci lalu direbus 30 menit.
  • Dibiarkan dalam rendaman air rebusan selama semalam.
  • Pagi harinya, air diganti dengan yang bersih lalu teruskan merendam.
  • Ketika malam tiba, kedelai dicuci  lalu direbus selama 40 menit.
  • Begitu api dimatikan, langsung tiriskan airnya, dinginkan hingga benar-benar dingin atau di kisapi dengan kipas angin kecepatan tinggi sampai  tidak ada air lagi.
  • Aduk dan campur dengan ragi.
  • Masukkan ke plastik, tutup rapat dan distepler, lubangi 12 lubang x 2 sisi menggunakan tusuk.
  • Diamkan, tunggu 2 hari. Tadaaaaaaaaa… tempe pun siap diolah >,<

Tips: Jangan mendiamkan tempe di tempat gelap, jangan ditutup kain.

update 5 november 2015: Membuat tempe di negeri empat musim

Membuat tempe di cuaca dingin memang tantangan tersendiri. Di negeri 4 musim seperti misalnya di Inggris di mana ada winter, ragi susah untuk tumbuh dengan baik sehingga sering pembuatan tempe gagal. Nah, tantangannya ada dua yaitu saat menghilangkan air ketika akan diberi ragi dan saat menumbuhkan jamur tempe.

Pertama, untuk menghilangkan air, kedelai saya taruh di saringan seperti saringan minyak goreng kemudian saya taruh di atas heater. Ada cara lain yang pernah saya baca yaitu memakai hair dryer. Boleh juga dicoba🙂

Kedua, saat menumbuhkan jamur, gunakan inkubator buatan agar udara di sekitar campuran kedelai dan ragi hangat selalu. Misalnya seperti gambar berikut. Saya memakai lampu pijar dan cupboard yg biasanya ada di atas kitchen set.
image

Yang perlu diingat, jangan menaruh tempe terlalu dekat dengan sumber panas karena jamur gak akan tumbuh juga kalau kepanasan. Ini berdasarkan pengalaman lho. Taruhlah tempe di pojok sini, lampu menghadap ke pojok sana. Hihihi.. Nah, udah deh diamkan di situ selama sekitar dua hari.

Sebenarnya ada sedikit tantangan lagi. Di London ini, saya belum menemukan kedelai yang sudah kupasan dan sudah belahan (split soybean). Kalau di thailand dulu, saya membuat tempe dengan split soybean. Praktis dan cepat tentu saja. Nah, sekarang di London, setelah proses merebus kedelai yang pertama, yaitu disela-sela masa perendaman, remas2lah kedelai yg masih berkulit agar kulit lepas. Lalu buang airnya agar kulit ikut terbuang. Tuangi air lagi, Remas2 lagi, buang lagi dst sampai bersih. Kalau belum bersih banget, nanti bisa dihilangkan kulitnya saat proses menghilangkan air di atas penghangat saat kedelai hendak diberi ragi. Ingat ya, kedelai yg masih berkulit pasti lebih basah lho. Kalau masih basah, khawatirnya bisa bikin jamur gak tumbuh, gagal deh ntar tempenya. Jadi, berusahalah kulitnya hilang semua.

image

Nih, saya kasih foto mendoan ya biar semangat bikin tempenya!!!! Haghaghag

3 responses to “Cara Mudah Membuat Tempe (resep oleh Teh Anti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s