Kesan dan pesan kegiatan awal kuliah di JTETI UGM 2010

Assalamualaikum, alabaster6… (menyebut dan menyapa diri sendiri)…

Assalamualaikum teman-teman semua!!! Dijawab, ya?

Hadudu… udah luamaaa buanget aku nggak ngisi blog ini, blog yang ‘baru dibuat’ bulan Januari 2008 (silahkan ke https://alabaster6.wordpress.com/2009/11/14/sejarah-sang-alabaster6/ untuk mengetahui sejarah berdirinya blog ini) dan blog yang setiap harinya hanya diliat pengunjung-pengunjung sebanyak 20-30an kali (mesakake tenan, tapi pernah sih mencapai 54 views).

Aku bingung mau nulis apa… (thinking)

Beberapa menit kemudian… (hungry) (sleeping)

Hohoho, nggak dink. Inilah hasil berpikir-tingkat-tinggi ku.

Kesan dan pesan kegiatan awal kuliah di Electrical Engineering and Information Teknologi Department UGM (JTETI). Lebih spesifiknya, Program Studi Teknologi Informasi JTETI UGM 2010.

  1. 19, 20, 21, 22 Agustuss 2010 à PATRIOT 2010 (Semacam Ospek Fakultas)

Overall, kegiatan Pengenalan Teknik untuk Negeri Menuju Indonesia Bermartabat (singkatanne lebay, ^^;) ini ‘MENYENANGKAN’. Aku mendapat kelompok (atau disebut laskar) yang perempuannya (10 orang) akhwat semua! (Sebenernya berat sih, menyebut akhwat. Coz beberapa dari mereka masih belum berani menolak salaman sama dosen laki2). Senengnya ngelakuin banyak kegiatan2 bersama mereka (cozy) >0<. Laki-lakinya juga hampir semuanya alumni ROHIS SMAnya. Pengelompokan laskar kami sepertinya disengaja seperti ini. Nggak mungkin diambil secara random. Oh, iya, beberapa dari mereka ternyata anak2 OSN 2009 juga, ada yang sebidang, ada yang lain bidang. Oh, iya, ada ceritaku waktu OSN Jakarta (sangat geje, kalo gak lagi ngganggur gak usah dibaca, (LOL)).

Kenapa pada kata ‘menyenangkan’ ada tanda petik tunggalnya?? Karena, gara-gara kegiatan ini, aku sempat melanggar satu peraturan. Bukan, bukan peraturan PATRIOT (nek iki si ra masalah), tapi peraturan yang berupa kesepakatan antara aku dan ayahku: “GAK BOLEH PULANG MALEM-MALEM”.

Ceritanya, kan ada tugas community development kecil-kecilan. Aku, bersama dua akhwat dan beberapa ikhwan, ngajar TPA  di suatu masjid/musola di Karangwuni Jakal. Nah, ternyata pulangnya setelah buka, setelah solat maghrib! Ini pertama kalinya aku pulang sendirian malem-malem. Aku menyeberangi kota Jogja dari perbatasan utara ke perbatasan selatan kota Jogja! Hiy… medeni, gelap. Aku merasa bersalah pada ayah. Sampai di rumah, ayah memberi beberapa nasehat. Beliau tidak memarahiku secara eksplisit, tapi aku tau dari gaya bahasanya bahwa ayah agak …

Aku merindukan akhwat-akhwat laskarku. Banyak cerita di jurusanku (mereka nggak ada yang sejurusan denganku) hiks. Dan aku butuh saran mereka. (tears)

2. 23 Agustus 2010 à Kuliah perdana

Sehari sebelum kuliah pertama, yaitu tanggal 22 Agustus, acara PATRIOT sampai ba’da maghrib karena ada buka bersama di KPFT. Karenanya, aku nginep di kosan sepupu (anak KSDH UGM 2009 (tau nggak kepanjangannya KSDH??? ^^;)) di Pogung. Paginya, aku dianter naik motor ke Teknik. Dengan langkah tegap (langkah biasa sih, sebenernya ^^;) aku melangkah ke gedung JTETI. Ketemu bapak2 yang ngasi tau bahwa……. Kuliah pada hari itu nggak di gedung JTETI, coz ruang TE1 itu ada di gedung expert (eks pertanian, sekarang bernama sekolah vokasi (nggaya banget dijenengi expert, haha)). Aku dan seseorang yang ternyata juga IT 2010 dan juga kesasar ke TETI, jalan kaki menuju expert (mesakake tenan). Alhamdulillah, di tengah jalan, ketemu anak IT 2010 juga, bawa motor dia. Cenglu, deh. Apa itu cenglu? Bahasa manakah itu? Kayak bahasa Cina, ya? Silakan dicari sendiri artinya. Kalo udah ketemu, bilang. Hoho…

Wah, bertemu dengan orangorang yang tak dikenal dan tak terkenal. Hiy… speechless banget… Mana kuliah pertama langsung suruh bikin kelompok lagi. Ngasal deh, yang duduknya deket aja. Hihihi…

Aku merasa, banyak yang harus dipelajari. Mempelajari teman-teman, mempelajari pelajaran (lho?), mempelajari dosen (penting, ya?), mempelajari gedung expert dan gedung JTETI, mempelajari perpus sekip deket ekspert (lho?), mempelajari kakak-kakak tingkat, mempelajari sistem (*sistem apa? Apapun!), de es be, de el el, el es pe (lan sapanunggalanipun).

3.  13, 28, 29 Agustus, 25, 26, 29 September, 1,2,3, 16, 17 Oktober 2010 à Rangkaian Acara “Forum Dinamika Kampus2010 (semacam Ospek Jurusan)

I don’t have even one word to describe or comment this event. (annoyed) (LOL)

4. 25, 26, 27 Oktober, 3, 4 November 2010 à Ujian Tengah Semester Tidak Serius Terlalu Santai (UTS TSTS)

JADWAL UTS :

Senin, 25/10: Progdas 07.30 TE1, Tekdig 13.00 E5/E7

Selasa, 26/10: Matek 07.30 E5/E7, Fisel 13.00 E5/E7

Rabu, 27/10: PTI 10.00 TE1

Rabu, 3/11: B.Ing 07.30 TE1

Kamis, 4/11: Matdis 10.00 E6

Apa itu Progdas? Tekdig? Matek? De es be? Ohoho, kalian tak perlu tau. Oh, perlu ya?

>>   Progdas: Fundamentals of Programming (Pemrograman Dasar) 3 SKS

>>   Tekdig: Digital Technique, bahasa Indonesianya: Teknik Digital (wis ngerti!) 2 SKS

>>   Matek: Ini bahasa jawa, artinya ‘died’. Bahasa tekniknya: Engineering Mathematics. 3 SKS

>>   Fisel: Electrical Engineering Physics (aku suka fisika!! ^^; (cozy) tapi, susah kalo listrik magnet (ckckck)). 3 SKS

>>   PTI: Introduction to Information Technology. 2 SKS

>>   B.Ing: English 2 SKS

>>   Matdis: Madis: Discrete Mathematics and Logic 3 SKS

Nah, itulah kurikulum atau mata kuliah Teknologi Informasi 2010 UGM untuk semester 1. Bentar, masih ada 1 SKS lagi yaitu praktikum Pemrograman Dasar, pake nya C++, compilernya GCC, Operating System nya Linux, Lab nya di Lab IF. Apa itu IF? Rahasia!

UTS TSTS, hm… tidak seperti namanya, aku serius mempersiapkan UTS TSTS ini. Aku nggak bisa merasa santai (halah). Oh, iya, banyak hal yang bisa dipelajari dari pengalaman UTS pertama ini. Go here: https://alabaster6.wordpress.com/2010/11/07/tips-menghadapi-uts-tsts-ujian-tengah-semester-tidak-serius-terlalu-santai/

 

One response to “Kesan dan pesan kegiatan awal kuliah di JTETI UGM 2010

Leave a Reply

