Dapet Kiriman dari Luar Negeri, Kok Bayar lagi? (Aturan Bea Cukai)

disalin dari facebook note ‘Pos Indonesia’

“Kiriman dari luar negeri,  Ko bayar lagi sih? saya kan sudah bayar ke pengirim, bête deh”

“Pegawai Kantorpos gak beres nih, masa saya dapet kiriman dari luar negeri suruh bayar, mana gede pula.”

“Pegawai pos itu males ya, masa aku dapaet kiriman dari luar negeri suruh ngambil sendiri di kantorpos, saya kan sudah bayar udah gitu dimintain duit lagi…”

 

mungkin diantara sahabat pos pernah punya pikiran seperti itu, atau  update status di akun FBnya atau… nulis komentar di FB dan Twitter Pos Indonesia dengan kalimat seperti itu,,,, Tenang dulu Sahabat Pos, jangan emosi dulu. Supaya gak emosi kaya gitu, admin akan informasikan bagaimana sih prosedur mengenai kiriman dari luar negeri. Semoga bisa memberikan penjelasan dan pencerahan untuk Sahabat Pos yang sering mendapat kiriman dari luar negeri.

  1. setiap kiriman dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, sebelum di teruskan ke kantorpos harus melewati proses pemeriksaan bea cukai terlebih dahulu sesuai dengan kota tujuan kiriman.
  2. pihak bea cukai akan memeriksa kiriman dan menentukan besar pajak dari kiriman tersebut. tidak semua kiriman terkena pajak. Biasanya yang terkena pajak bea cukai adalah kiriman yang bernilai mulai dari 50$ ke atas atau yang tergolong barang mewah.
  3. Setelah kiriman selesai di periksa kiriman baru diteruskan ke kantorpos. Kantorpos memberikan info dan tagihan bea cukai kepada pelanggan berdasarkan dokumen-dokumen pemeriksaan yang sudah ditetapkan oleh kantor bea cukai tidak boleh lebih ataupun kurang.
  4. Bagi kiriman tidak terkena pajak kiriman akan diantar langsung ke alamat, biasanya hanya membayar biaya bungkus ulang dan lalu bea sebesar Rp 5000 – Rp 10.000.
  5. Namun jika kiriman tersebut terkena pajak, penerima harus mengambil langsung ke kantorpos guna menyelesaikan pajak bea cukainya. Petugas akan menghubungi melalui telepon atau mengantarkan surat panggilan ke rumah.
  6. Jika ada petugas yang datang ke rumah dan meminta sejumlah uang dengan alasan pembayaran pajak bea cukai kiriman, apalagi tidak disertai dengan dokumen yang lengkap, disarankan untuk tidak membayarkan sejumlah uang yang diminta.
  7. Jika sahabat pos mengalami hal seperti itu, catat namanya, nip-nya dan laporkan atau konfirmasikan ke kantorpos di kota Anda.
  8. Untuk melakukan klaim terkait pajak bea cukai, sahabat pos bisa langsung mendatangi petugas bea cukai dengan membawa invoice/bukti pembelian/transfer. Di kantorpos ada kantor perwakilan bea cukai.

Nah,, demikian sahabat pos, semoga bermanfaat. jadi, Jika sahabat pos menerima kiriman dari luar negeri dan harus membayar sejumlah uang, bisa jadi kirimannya terkena pajak bea cukai, tetap hati-hati dan ingat point 6 ya,,,

Kantorpos hanya sebagai tempat untuk mempermudah Sahabat Pos untuk melakukan pembayaran pajak kiriman, pengambilan atau pengantaran kiriman. Jadi untuk klaim pajak, menanyakan perhitungan pajak lebih tepat di tanyakan ke pihak bea cukai agar lebih jelas. Bisa coba Tanya ke akun twitter @ditjendBeaCukai semoga adminnnya bisa memberikan informasi lebih jelas :)

About these ads

One thought on “Dapet Kiriman dari Luar Negeri, Kok Bayar lagi? (Aturan Bea Cukai)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s