Tips Cara Mengajar Privat Ngaji dan Iqra serta Mendorong untuk Solat Lima Waktu

Di negeri orang (Thailand) yang muslimnya minoritas ini, saya dikenalkan pada seorang ibu dari Jogja. Beliau meminta saya mendampingi dan membimbing dua anaknya yang masih kecil belajar membaca Al-Qur’an dan Iqra. Pertama, kukira itu hal yang biasa saja.

Makin ke sini kok saya semakin merasa bahwa ekspekstasi ibu itu besar sekali terhadap saya. Dia banyak bercerita tentang masa dulu saat masih di Jogja, bagaimana anaknya rajin membaca Al-Qur’an, shalat, dan lain-lain karena ia bersekolah di SD Muhammadiyah sehingga ada gurunya yang strict mengarahkan anak didiknya. :D Dia juga curhat, bagaimana anaknya menjadi menurun sifat rajinnya sejak bersekolah di International School di Baangkok. Anaknya tidak lagi solat dhuhur karena masih jam sekolahnya, jadi tidak ada acara solat duhur.

Beliau sepertinya pengen mengembalikan kebiasaan baik yang hilang itu.

Do the best.

Begitu kata2 my hubby ketika saya curhati. Kemudian kami berdiskusi mengenai hal-hal yang bisa diusahakan untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Ini dia, saya bagi tipsnya. Masih sedikit sih, mungkin kapan2 bisa di-update.

  1. Fun. Senyuman yang tulus usahakan selalu tampilkan (cling… :) ) Guyonan ringan juga perlu dimunculkan. suasana santai dan ceria sangat membantu penguasaan materi karena tidak ada kesan mengerikan atau terbebani. :D
  2. Komunikatif. Saat dia bercerita tentang kegiatan di sekolahnya atau yang lainnya, tanggapi secukupnya. Tunjukkan perhatian kita pada apa yang dia sampaikan. Mudah-mudahan dengan begitu dia pun perhatian pada apa yang kita sampaikan. :D
  3. Membuat tabel jadwal. Ini mendorong agar dia lebih disiplin. Misalnya, kita mengajar setiap minggu hanya sekali saja, maka untuk hari yang lain buatkan tabel agar dia tersorong untuk mengaji sendiri atau disimak ayah-bundanya. Lebih utama lagi, buatkan tabel solat setiap hari agar dia merasa lebih bertanggung jawab. Ini contoh tabelnya, da yang hitam putih, ada yang berwarna, klik aja: kartu-les-ngaji-black-upload dan kartu-les-ngaji-colour-upload :D
  4. Beri Nilai. Penghargaan memang perlu. Fungsi utamanya adalah  memotivasinya untuk menjadi lebih baik lagi. :D
  5. Kisahkan cerita Islami. Tentu saja, cerita-cerita tersebut harus shahih. Misal, ambil sumber dari Al-Qur’an, atau hadits-hadits nabi. Seperti cerita ini http://kaahil.wordpress.com/2011/09/12/gratis-cerita-anak-islami-kisah-si-belang-kusta-si-botak-dan-si-buta-seri-kisah-anak-islam-%E2%80%93-pengganti-dongeng-anak/,ini http://7bocahmuslim.blogspot.com/2012/07/download-kumpulan-ebook-bacaan-anak.html dan ini http://maramissetiawan.wordpress.com/tag/kisah-teladan/(zam-zam, qorun, nabi yunus as, abrahah dan tentara gajah, dengan audio). Saat bercerita, urut-urutan ceritanya kita gambar di kertas A4. Tujuannya, agar lebih mengena dan lebih seru. Dia bisa jadi tiba-tiba merebut pensil kita dan ingin ikut menggambar bagian cerita, misalnya menggambar sapi atau untanya. Seru sekaliiii :D
  6. Siapkan kertas dan pensil. Ini digunakan saaat dia menulis apa yang baru saja dibacanya. Tujuannya, supaya dia terampil menulis tulisan Arab. :D

tunggu kiat2 selanjutnya.

(Btw, bahasa post ku kali ini formal sekaliiiiiiiii >,< )

Sumber gambar: http://kertas-kecilkita.blogspot.com/2012/02/al-quran-online.html

About these ads

20 thoughts on “Tips Cara Mengajar Privat Ngaji dan Iqra serta Mendorong untuk Solat Lima Waktu

  1. Insyallah akan diterapkan, mudah2an bs bermanfaat dan dapat membantu anak2 dalam mempelajari Al-Qur’an. amiiiiiiiiiin

  2. assalamu’alaikum..
    ukh, mau nanya.. kalo metode ngajarin iqra’nya sendiri itu gimana ya?
    cuma kita simak sehari satu halaman? atau?
    saya juga mau ngajarin privat seorang anak, tapi saya bingung satu setengah jam nanti diisi apa aja?

    afwaan nanya beruntun.. jazakillahu khair

    • wa alaikumussalam.. kalau saya dulu sekuatnya si anak. tapi minimal satu halaman. tapi kalau dia lancar dan pinter kadang yang dibaca boleh lompat2 gak harus satu halaman dibaca semua. tergantung kemampuan anak. saya privat juga sekitar 90 menit. saya isi dengan pelajaran selain iqra. ada hafalan surat pendek, ada hafalan doa sehari2, ada hafalan bacaan solat dan praktek solat. kadang menulis huruf arab juga.

      semoga membantu :) afwan

  3. ˚°º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚ tips nya,,, semoga bermanfaat,, الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ,, anakku udah selesai iqra’ 1,,,, mo tanya nih,,gimana caranya ngajarin anak iqra 2,,bingung untuk memulai,,, apalagi anak saya. Belum genap 4 th umurnya…

    • sama-sama.. alhamdulillaah..
      selama ini iqra 1 memakai apa belajarnya? apakah iqro biasa itu? Kalau iya, tinggal dilanjutkan saja saya kira buku iqra nya.. Kalau dulu memakai kartu2 pengenalan huruf, mungkin bisa memakai kartu2 lagi untuk jilid 2 ini. Bisa bikin sendiri kartunya berupa penggabungan huruf2 dan huruf panjang biar lebih asyik. Atau mulai diperkenalkan belajar dengan buku iqra juga bisa. Iqra 2 isinya tentang penggabungan huruf dan pengenalan huruf panjang kan.. :) selamat berjuang.. semoga barakah

  4. Assalamu’alaikum..tanya dong ukhty..anak sy 4th,selama ini udh bljr ngaji pake Iqro’ jg,yg ngajarin sy sendiri..yg sy bingung,setelah selesai Iqra’ 6-nya,trus ngapain?lsg baca Qur’an atau ke juz Amma dl atau gmn?krn skrg dia udh Iqra’ 6, alhamdulillah lancar..mgkn ga sampe sebulan lagi udh selesai Iqra’ 6 nya..thx in advance

    • wa alaikumussalam.. alhamdulillaah.. ikut seneng si kecil udah pinter. Kalau menurut panduan di iqro’nya, setelah selesai iqro’, langsung berlatih membaca al-qur’an juz 1, ukhty.. :) selamat menemani si kecil, semoga kelak jadi anak sholih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s